Keanekaragaman Bryophyta di Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Bener Meriah Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Sub Materi Bryophyta di Mas Nurul Islam Blang Rakal

Hasbi Ash-Shiddieqy, 150207161 (2022) Keanekaragaman Bryophyta di Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Bener Meriah Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Sub Materi Bryophyta di Mas Nurul Islam Blang Rakal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang media pembelajaran materi Bryophyta] Text (Membahas tentang media pembelajaran materi Bryophyta)
Hasbi Ash-Shiddieqy, 150207161, FTK, PBL, 081285491750.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan interaksi edukatif dalam suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran sub materi Bryophyta di sekolah biasanya hanya menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran tampa adanya media pembelajaran lain untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis Bryophyta di Kampung Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Bener Meriah, mengetahui keanekaragman Bryophyta di Kampung Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Bener Meriah sebagai media pendukung sub materi Bryophyta di MAS Nurul Islam. Metode yang digunakan yaitu survey eksploratif sepanjang stasiun penelitian dan purposive sampling. Hasil dari penelitian ditemukan 16 jenis Bryophyta dari 14 famili dari kedua stasiun, jenis yang paling banyak ditemukan yaitu Pohlia flexuosa dengan total 60 individu dan yang paling sedikit yaitu jenis Brachythecium rutabulum dengan total 11 individu, dan total dari keseluruahan individu dari kedua stsdiun penelitian berjumlah 427 individu. Keanekaragaman Bryophyta di Blang Rakal tergolong sedang dengan nilai indek keanekaragaman 2.69. Uji kelayakan keanekaragaman Bryophyta sebagai media pendukung pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 77.27%. Hal ini menunjukkan bahwa keanekaragaman Bryophyta di Blang Rakal sebagai media pendukung pembelajaran sub materi Bryophyta di MAS Nurul Islam layak di jadikan sebagai media pendukung pembelajaran.
Kata Kunci: Keanekaragaman, Bryophyta, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hasbi Ash-Shiddieqy Hasbi
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:23
Last Modified: 09 Jun 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20970

Actions (login required)

View Item
View Item