Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Q-MOVIK pada Siswa SMP

Dhien Safira, 170205042 (2021) Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Q-MOVIK pada Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Q-MOVIK] Text (Analisis Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Q-MOVIK)
Dhien Safira, 170205042, FTK, PMA, 085362067923.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[thumbnail of Dhien Safira, 170205042, FTK, PMA, 085362067923.pdf] Text
Dhien Safira, 170205042, FTK, PMA, 085362067923.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pendidikan di era revolusi 4.0 adalah pendidikan yang ditandai dengan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Guru bisa melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Q-MOVIK. Q-MOVIK merupakan singkatan dari Quis Awal, Quis Akhir, Materi, Online, Video, Interaksi, dan Komunikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran Q-MOVIK pada siswa SMP/MTs. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang sudah pernah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar pengamatan tindakan sebagai instrumen pendukung yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah (1) 72 % item terlihat pada lembar pengamatan pertemuan pertama penelitian awal, 72 % item terlihat pada pertemuan kedua penelitian awal, 77 % item terlihat pada penelitian lanjutan pertemuan pertama, dan 75 % item terlihat pada pertemuan kedua penelitian lanjutan. (2) Oleh karena persentase item pengamatan lebih banyak terlihat daripada tidak terlihat sehingga dapat diketahui bahwa guru mampu dalam menerapkan pembelajaran Q-MOVIK pada siswa MTs sesuai dengan RPP Q- MOVIK. (3) Guru sudah sangat paham dan fasih dalam penggunaan aplikasi Google Classroom, Google Meet, dan Geogebra pada saat pembelajaran Q- MOVIK berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 374 Pendidikan dewasa
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhien Safira Dhien
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:25
Last Modified: 08 Jun 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20985

Actions (login required)

View Item
View Item