Kompetensi Guru Pada Pembinaan Akhlak Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Ayu Maulidar, 170201088 (2021) Kompetensi Guru Pada Pembinaan Akhlak Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Akhlak Siswa Dalam    Kegiatan Ekstrakulikuler] Text (Pembinaan Akhlak Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler)
Ayu Maulidar, 170201088, FTK, PAI, 082247481429.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Guru Pada Pembinaan Akhlak Siswa serta dampak dari pembinaan akhlak tersebut. Untuk memperoleh hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian mixed method atau metode campuran, kemudian juga penulis melakukan wawancara langsung dalam penelitian ini. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan Guru dalampembinaan akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler, metode dan strategi yang diterapkan Guru padapelaksanaan pembinaan akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dan bagaimana dampakpembinaan Guru terhadap akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan Guru dalampembinaan akhlak siswa, mengetahui metode dan strategi Guru padapelaksanaan pembinaan akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dan dampak pengawasan/penilaian Guru terhadap akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ektrakulikuler pembinaan akhlak bertujuan agar siswa memiliki sikap mental dan kepribadian yang baik, sebaik yang ditunjukkan oleh Al-Quran dan hadist nabi Muhammad SAW, Metode dan strategi yang diterapkan Guru di SMA 1 Darul Imarah pada pelaksanaan pembinaan akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler antara lain, guru- guru pembina seringkali memotivasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pembinaan akhlak ini dengan mendatangkan langsung tokoh atau orang yang sudah berprestasi sebagai panutan dan motivator siswa agar mereka bersemangat untuk mengikuti ekstrakulikuler, Dampak pembinaan Guru terhadap akhlak siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler di SMA 1 Darul Imarah Aceh Besar yaitu terlihat dengan adanya ekstrakurikuler ini siswa-siswa menjadi lebih sopan dansantun terhadap guru maupun orang tua, dengan sikap yang mereka tunjukan juga sudah sangat baik, disiplin yang tinggi dengan ekstrakurikuler tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Maulidar Ayu
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:13
Last Modified: 09 Jun 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item
View Item