Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa disekolah MAS Manggeng

Nazarudin, 140202175 (2021) Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa disekolah MAS Manggeng. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesulitan   Belajar Bahasa Arab Siswa disekolah MAS Manggeng] Text (Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa disekolah MAS Manggeng)
Nazarudin, 140202175, FTK, PBA, 085297989917.pdf

Download (38MB)

Abstract

Judul skripsi ini yaitu “Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa disekolah MAS Manggeng. Adapun sebab penelitian mengkaji judul ini karena peneliti mengamati bahwa siswa masih kesulitan dalam belajar Bahasa Arab dan ada beberapa faktor yang menghambat siswa dalam belajar Bahasa Arab. Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini yaitu mengetahui kesulitan siswa dalam belajar Bahasa Arab dan mengetahui faktor kesulitan siswa dalam belajar Bahasa Arab. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan data. Adapun sumber data yang diambil oleh peneliti adalah Kepala sekolah, Guru Bahasa Arab dan empat orang siswa dari kelas dua MAS Manggeng. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diperoleh hasil bahwa kesulitan yang di alami oleh siswa di sekolah MAS Manggeng dalam belajar Bahasa Arab adalah siswa kesulitan dalam menghafal dan mengingat kosa kata dalam belajar Bahasa Arab, siswa kesulitan dalam berbicara Bahasa Arab dan menulis karangan dalam Bahasa Arab, siswa kesulitan belajar qawaid dan menerjemahkan teks Bahasa Arab. Faktor kesulitan yang di alami oleh siswa di sekolah MAS Manggeng dalam belajar Bahasa Arab adalah komunikasi tidak menggunakan Bahasa Arab, sarana dan prasarana sekolah kurang mendukung, lingkungan siswa tidak menggunakan Bahasa Arab, waktu yang telah ditetapakan oleh pemerintah tidak cukup. Metode yang digunakan dalam mengajar Bahasa Arab adalah qawaid dan tarjamah, tanya jawab dan menggunakan papan tulis, pulpen, buku, dan kamus. Adapun berdasarkan penelitian tersebut dapat diperoleh hasil bahwa proses belajar mengajar adalah tidak mencukupi dengan nilai 50% dari hasil pengamatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nazarudin Nazar
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:11
Last Modified: 13 Jun 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item
View Item