Similarity artikel Analisis Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Hukum Jinayat Aceh

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Similarity artikel Analisis Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Hukum Jinayat Aceh. Jurnal Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam, 9 (2): 13. pp. 415-430. ISSN 2581 2556

[thumbnail of Similarity artikel Analisis Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Hukum Jinayat Aceh] Text (Similarity artikel Analisis Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Hukum Jinayat Aceh)
Analisis Kepentingan Terbaik Bagi Anak dalam Hukum Jinayat Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Qanun Jinayat tidak hanya diberlakukan bagi orang dewasa, bagi anak yang telah berumur 12 tahun dan belum sampai 18 tahun atau telah melangsungkan perkawinan dapat dikenakan sanksi jinayat bila melakukan pelanggaran ketentuan yang diatur dalam Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. Kajian ini menganalisis secara komprehensif dengan metode kontens analisis ketentuan yang diatur dalam Qanun Hukum Jinayat berkaitan dengan kepentingan terbaik bagi anak. Kajian ini menggunakan metode penelitian normatif dengan menjadi Qanun Hukum Jinayat sebagai bahan hukum primernya. Analisis data dilakukan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Qanun Hukum Jinayat belum sepenuhnya mengakomodir kepentingan terbaik bagi anak. Aspek yang belum terakomodir yaitu: Pertama, penyelesaian anak berhadapan dengan jinayat menggunakan system peradilan pidana anak, adanya restitusi bagi korban pemerkosaan, independensi hakim dalam menjatuhkan ‘uqubat ,’uqubat Bagi Anak 1/3 dari Orang Dewasa, Hukuman Bagi Pelaku yang Korbannya Anak Lebih Tinggi, Anak Memungkinkan Dijatuhi ‘uqubat Tindakan. Aspek yang belum mencerminkan kepentingan terbaik bagi anak meliputi, anak dapat memungkinkan dijatuhkan hukuman cambuk, batasa usia anak, restitusi harus diminta oleh korban pemerkosaan anak, hakim terikat pada Qanun Hukum Jinayat, adanya peluang bagi hakim menjatuhkan hukuman cambuk dalam kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:55
Last Modified: 22 Jul 2022 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item
View Item