Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 12 Banda Aceh

Try Adha Rizky Ryanda, 160204055 (2021) Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 12 Banda Aceh] Text (Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik Dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 12 Banda Aceh)
Try Adha Rizky Ryanda, 160204055, FTK, PFS, 08227328602.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Covid-19 telah menyebabkan tatanan pendidikan berantakan hal ini mengakibatkan kurangnya fasilitas yang dimiliki siswa ketika belajar online, minimnya penyediaan kuota internet, kuota internet yang tidak dapat dijangkau oleh semua siswa sinyal, ini menjadi salah satu kesuliitan atau kendala saat melaksanakan pembelajaran daring atau online selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Fisika apa saja yang dialami oleh peserta didik dimasa Pandemi Covid-19 di SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dan deskriptif dengan mengungkapkan suatu kejadian atau peristiwa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu metode kuisoner atau angket dan metode wawancara. Hasil penelitian dalsm penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran fisika selama pandemi Covid-19 yaitu ketidakmampuan peserta didik dalam menyediakan kuota internet yang diakibatkan oleh faktor ekonomi keluarga yang menurun diakibatkan pandemi Covid-19. Kemudian permasalahan jaringan yang begitu lambat, sehingga mengganggu proses pembelajaran fisika secara daring tidak berjalan lancar. Proses pembelajaran fisika selama pandemi Covid-19 mengakibatkan lemahnya daya tangkap dan pemahaman materi oleh siswa, hal ini diakibatkan oleh kurangnya fasilitas pembelajaran bagi siswa dan juga banyak siswa jenuh serta bosan dalam melaksanakan pembelajaran daring atau jarak jauh. Tentu ini akan mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa dalam belajar fisika pandemi Covid-19 menurun, dan ini akan berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc., Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Try Adha Rizky Ryanda
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:43
Last Modified: 13 Jun 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item
View Item