Perbandingan Antara Penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Memahami Bacaan di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar

Liza Safira Mardhatillah, 170202117 (2021) Perbandingan Antara Penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Memahami Bacaan di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Antara Penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Memahami Bacaan di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar] Text (Perbandingan Antara Penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Memahami Bacaan di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar)
Liza Safira Mardhatillah, 170202118, FTK, PBA, 085262265612.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Perbandingan Antara Penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Bacaan di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar”. Peneliti memilih judul ini karena beberapa siswa menghadapi kesulitan dalam memahami apa yang dibaca ketika membaca teks, dan mereka berbicara satu sama lain dan tidak memperhatikan guru ketika mengajar membaca. Penyebab dari masalah ini adalah guru tidak menggunakan metode yang tepat dalam mengajar keterampilan membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R, dan untuk mengetahui hasil penggunaan Metode Small Group Discussion dan Metode PQ4R dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa Ma’had Darul Ihsan kelas 2 MTsS berjumlah 256 siswa. Dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B (kelas eksperimen) yang berjumlah 33 siswa, dan kelas VIII C (kelas control) yang berjumlah 33 siswa. Alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah instrumen test yaitu soal pre-test dan post-test, dengan teknik analisis data statistik deskriptif, uji paired sample T-test, dan uji independent sample T-test, dengan menggunakan program SPSS 20. Dan hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Small Group Discussion dan metode PQ4R efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Dan terdapat perbandingan antara penggunaan metode Small Group Discussion dan metode PQ4R untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode small group discussion, metode pq4r, memahami bacaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Liza Safira Mardhatillah
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:18
Last Modified: 16 Jun 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21145

Actions (login required)

View Item
View Item