Pemanfaatan Komputer oleh Pemustaka di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Rizqa Fitriana, 170503139 (2022) Pemanfaatan Komputer oleh Pemustaka di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Komputer oleh Pemustaka di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pemanfaatan Komputer oleh Pemustaka di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Rizqa Fitriana, 170503139, FAH, IP, 082173843518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Komputer oleh Pemustaka di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk apa saja pemustaka memanfaatkan komputer di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan apa kendala pemanfaatan komputer di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan komputer di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh oleh pemustaka dan kendala pemanfaatan komputer di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obervasi, wawancara secara terstruktur terhadap 10 orang pemustaka yang meliputi 5 orang pemustaka pada layanan internet dan 5 orang pemustaka pada layanan OPAC. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan pada layanan yang dimaksud adalah pemanfaatan komputer oleh pemustaka UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada unit layanan internet dan layanan OPAC. Tujuan pemanfaatan komputer pada layanan internet adalah untuk mengerjakan tugas dan skripsi bagi mahasiswa akhir serta mencari rujukan online melalui google chrome sedangkan pemanfaatan komputer pada layanan OPAC yaitu untuk memudahkan pemustaka dalam pencarian koleksi perpustakaan. Penggunaan komputer oleh pemustaka pada layanan internet yaitu selama 2 jam/hari dan rata-rata pemustaka menggunakan komputer yang tersedia sebanyak 2 hingga 4 kali perminggu sedangkan pada layanan OPAC pemustaka memerlukan waktu dalam mencari satu koleksi yaitu selama 5 hingga 10 menit dan dalam rentang waktu satu minggu pemustaka menggunakan komputer OPAC hingga 4 kali. Adapun kendala dalam menggunakan komputer yang disediakan oleh perpustakaan terdapat pada jaringan internet yang tidak stabil serta ketersediaan komputer yang minim pada layanan OPAC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Komputer; UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.7 Persiapan Fisik untuk Penyimpaan dan Penggunaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rizqa Fitriana
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:58
Last Modified: 14 Jun 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item
View Item