Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Simeulue Timur

Emawati, 150205049 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Simeulue Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Simeulue Timur] Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 5 Simeulue Timur)
Emawati, 150205049, FTK, PMA, 085373700515.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Umumnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih kurang optimal. Disamping karena konsep matematika yang sulit untuk dipahami dan juga memiliki keterkaitan dengan faktor lain, terutama keterkaitan dengan model pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan model PBI yang menggerakkan siswa belajar secara aktif memecahkan masalah yang kompleks dalam situasi yang realistik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran menggunakan model Problem Based Intruction lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan model konvensional pada materi aljabar di SMPN 5 Simeulue Timur. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Simeulue Timur. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa dan 17 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dengan memilih sebuah sampel dari kelompok-kelompok unit kecil. Analisis data menggunakan statistik inferensial dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung = 6,74 dan ttabel = 2,03 atau thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBI lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
konvensional di SMPN 5 Simeulue Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Zainal Abidin, M.Pd Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBI, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Emawati Ema
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:08
Last Modified: 14 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item
View Item