Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Mufradat

Siti Rahmania, 160202194 (2022) Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Mufradat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Mufradat] Text (Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Mufradat)
Siti Rahmania, 160202194, FTK, PBA, 085261416917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Peneliti mengangkat judul ini karena kebanyakan siswa belum memahami materi Bahasa Arab terkhusus dalam pemahaman teks dan percakapan karena mereka tidak menguasai kosa kata Bahasa Arab. Kebanyakan dari mereka tidak menyukai bahasa Arab dikarenakan bahasa Arab susah dipelajari. Guru tidak menggunakan media pembelajaran, selama pembelajaran siswa tidak bersemangat, ketika guru menjelaskan materi siswa hanya diam dan tidak merespon, dan sebagian mereka mengantuk ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media Power point dalam pembelajaran mufradat dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam pembelajaran mufradat dengan menggunakan media Power point. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian eksperimen. Dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi MTsN 6 Aceh Besar, dengan jumlah siswa 315 siswa, peneliti memilih 28 siswa dari kelas 12 sebagai sampel, peneliti mengajukan pretest posttest dan lembar angket. Nilai test yang terdapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Power point efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradat. Peneliti mendapat hasil T-test lebih besar dari T-tabel 2,05<12,02>2,76. Dan peneliti mendapatkan hasil dari lembar angket bahwa responsivitas siswa ketika mengajar menggunakan media Power point dalam pembelajaran mufradat 82,92% dan ini menunjukkan bahwa ia berada diantara batas 81-100% yang berarti sempurna/luar biasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Rahmania Rahmania
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:09
Last Modified: 14 Jun 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21186

Actions (login required)

View Item
View Item