Manajemen Kepala Sekolah dalam Memotivasi Siswa untuk Pemeliharaan Sarana Belajar di SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar.

Auza Safira, 170206080 (2021) Manajemen Kepala Sekolah dalam Memotivasi Siswa untuk Pemeliharaan Sarana Belajar di SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen Kepala Sekolah dalam Memotivasi Siswa untuk Pemeliharaan Sarana Belajar di SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar.] Text (Manajemen Kepala Sekolah dalam Memotivasi Siswa untuk Pemeliharaan Sarana Belajar di SD Negeri Tanjung Selamat Aceh Besar.)
Auza Safira, 170206080, FTK, MPI, 082361636397.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

SDN Tanjung Selamat memiliki siswa yang patuh terhadap peraturan dan perintah yang dikatakan oleh guru serta memiliki lingkungan sekolah yang sangat bersih dengan demikian peneliti tertarik melihat konsep manajemen kepala sekolah sehingga membuat siswa termotivasi dalam memelihara sarana belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam memotivasi siswa untuk pemeliharaan sarana belajar di SD Negeri Tanjung Selamat . Kemudian mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dan srategi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tanjung Selamat. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri Tanjung Selamat. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1). Upaya kepala sekolah dalam memotivasi siswa untuk pemeliharaan sarana belajar di SD Negeri Tanjung Selamat yaitu meliputi lingkungan fisik, suasana kerja, disiplin dan pemberian penghargaan terhadap siswa. 2). Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam memotivasi siswa agar memelihara sarana belajar yaitu kurangnya kesadaran dari diri siswa, guru yang berhalangan datang ke sekolah tidak memberitahu informasi ketidakhadirannya kepada kepala sekolah dan guru lain, genangan air di depan sekolah yang menghambat warga sekolah dalam melakukan kegiatan gotong royong. Srategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan menasehati, membimbing dan menegur siswa jika ada siswa yang merusak sarana belajar. dibutuhkan dana untuk memperbaiki lingkungan dengan menimbun genangan tersebut agar ketika hujan tidak tergenang lagi dan tidak terganggu kegiatan gotong royong bagi warga Sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Memotivasi Siswa, Pemeliharaan Sarana Belajar.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Auza Safira
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:06
Last Modified: 15 Jun 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item
View Item