Pembacaan Alquran secara Halaqah Menggunakan Seni Baca Alquran pada Santri TPQ Nurul Mubtadi Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya

Nya`k Merryana, 170303020 (2022) Pembacaan Alquran secara Halaqah Menggunakan Seni Baca Alquran pada Santri TPQ Nurul Mubtadi Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembacaan Alquran secara Halaqah Menggunakan Seni Baca Alquran pada Santri TPQ Nurul Mubtadi Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya] Text (Pembacaan Alquran secara Halaqah Menggunakan Seni Baca Alquran pada Santri TPQ Nurul Mubtadi Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)
Nya`k Merryana, 170303020, FUF, IAT, 082248910730.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Membaca Alquran dengan menggunakan seni baca Alquran adalah suatu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw karena lebih bagus dan syahdu didengar serta dapat menjadikan hati yang mendengarnya merasa tenteram dan damai. TPQ Nurul Mubtadi adalah salah satu tempat pengajian di Gampong Simpang Peut yang mengajarkan seni baca Alquran dan menghasilkan santri yang berbakat dalam seni baca Alquran. dimana sebuah metode yang diterapkan di TPQ Nurul Mubtadi berbeda dengan metode di TPQ yang lain. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ingin mengetahui Sejauhmana Keberhasilan Pembacaan Alquran secara Halaqah menggunakan Seni Baca Alquran serta metode yang diterapkan TPQ Nurul Mubtadi dalam pembacaan Alquran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan penjabaran secara deskriptif dari data yang dikumpulkan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembacaan Alquran secara Halaqah menggunakan Seni Baca Alquran pada Santri TPQ Nurul Mubtadi ialah sangat baik dan wajib menguasai ilmu tajwid dan makharijul huruf serta menguasai lagu atau irama dasar seperti lagu bayyati yang terdiri dari bayyati syuri, bayyati husaini, hijaz, nahwand dan rast. Kemudian terkait dengan pelaksanaan belajar pada malam rabu dan kamis. Adapun metode yang diterapkan dalam Seni Baca Alquran di TPQ Nurul Mubtadi menggunakan metode talaqqi atau musyafahah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Muslim Djuned, M.Ag., Syukran Abu Bakar, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Pembacaan Alquran, Halaqah, Seni Baca Alquran.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nya`k Merryana
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:13
Last Modified: 17 Jun 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item
View Item