Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berdasarkan Nea (Newman Error Analysis) Pada Sman 1 Pante Ceuremen

Ainun Mondia, 170204015 (2021) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berdasarkan Nea (Newman Error Analysis) Pada Sman 1 Pante Ceuremen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berdasarkan Nea (Newman Error Analysis) Pada Sman 1 Pante Ceuremen] Text (Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berdasarkan Nea (Newman Error Analysis) Pada Sman 1 Pante Ceuremen)
Ainun Mondia, 170204015, FTK, PFS, 082139933623.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian fisika pada materi listrik dinamis berdasarkan teori NEA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 Pante Ceuremen dan yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Pante Ceuremen yang terdiri dari 13 peserta didik dari 18 peserta didik yang diambil secara sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes soal. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan tahapan persentase kesalahan berdasarkan teori NEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase peserta didik dalam melakukan kesalahan berdasarkan tahapan NEA yaitu a) persentase kesalahan membaca sebanyak 15%,dan b) persentase kesalahan memahami soal sebanyak 15%, dan persentase c) kesalahan mentransformasi soal sebanyak 35%, d) persentase kesalahan keterampilan proses sebanyak 40% dan e) persentase kesalahan penulisan jawaban sebanyak 47%. Dengan demikian kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian fisika di SMAN 1 Pante Ceuremen kelas XII IPA masih tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Peserta Didik, Teori NEA, Soal Uraian, Listrik Dinamis, Deskriptif Kuantitatif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ainun Mondia Ainun
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:42
Last Modified: 20 Jun 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21376

Actions (login required)

View Item
View Item