Pelaksanaan Syariat Islam di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Front Pembela Islam (FPI)

Khairul Raziqin, 160305113 (2021) Pelaksanaan Syariat Islam di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Front Pembela Islam (FPI). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Syariat Islam di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Front Pembela Islam (FPI)] Text (Pelaksanaan Syariat Islam di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Front Pembela Islam (FPI))
Khairul Raziqin, 160305113, FUF, SA, 081230948530.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Front Pembela Islam yang disingkat FPI merupakan sebuah organisasi yang berbasis masa terbanyak dan peduli terhadap Islam, dan FPI di Aceh khususnya di kota Banda Aceh ini sangat memperhatikan jalannya Syariat Islam dan FPI hari ini hadir sebagai motor pengerak nya dengan membangun relasi baik dengan pemerintahan maupun masyarakat kota Banda Aceh. Provinsi Aceh memiliki kekhususan dalam menjalankan Syariat Islam secara mandiri. Kekhususan tersebut diperoleh berkat faktor historis dan dinamika konflik Aceh-Indonesian sehingga kemudian menjadikan Aceh dapat menjalankan Syariat Islam. Dalam proses perjalanan Syariat Islam tentu menghadirkan banyak respon dan pandangan sebagai bagian dari pada dinamika sebuah perjalanan Syariat Islam di Kota Banda Aceh, salah satunya dengan Front Pembela Islam yang sangat memperhatikan Syariat Islam. Dalam proses penelitian ini, oleh karena itu maka penelitian ini penulis ingin melihat perspektif dan respon Front Pembela Islam terhadap pelaksanaan Syariat Islam. Maka secara penulisan penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif yang mana penelitian ini bersifat lapangan dengan pendekatan deskriptif analisis, agar mendapatkan data yang akurat, terpercaya serta bisa dijadikan referensi/rujukan untuk penulis atau peneliti selanjutnya di Sosiologi Agama. Setelah meneliti, didapatkan sebuah hasil yaitu dalam Proses penerapan Syariat Islam, Front Pembala Islam (FPI) Kota Banda Aceh bahwa kehadiran Syariat Islam adalah sebuah hasil dari proses historis aceh dimasa lalu. Eksistensi Syariat Islam dipandang positif oleh Front Pembela Islam (FPI) dengan berbagai catatan yang menjadi pandangan seperti persoalan Qanun-qanun Syariat Islam, penerapat Syariat Islam, dan Realitas Penerapat Syariat Islam di Aceh itu sendiri, dari semua itu Front Pembela Islam (FPI) melihat bahwa Syariat Islam harus terus di gerakkan ke proses penerapan di Banda Aceh, dan menjadikan kota Banda Aceh sebagai patron Syariat Islam di Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X8 Aliran dan Sekte
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Khairul Raziqin
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:59
Last Modified: 21 Jun 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item
View Item