Hayatun Nufius, 170205020 (2021) Pengembangan Quis Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Quis Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hayatun Nufus, 170205020, FTK, PMA, 081324663566.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (33MB)
Abstract
Semenjak terserangnya wabah Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring mengakibatkan siswa sukar dalam memahami konsep matematis. Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan menerima dan memahami konsep dasar matematika serta menangkap makna yaitu translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi dari ide abstrak/prinsip dasar dari suatu objek matematika untuk menyelesaikan masalah matematika. Dikarenakan pemahaman konsep matematika yang menurun diciptakanlah sebuah model pembelajaran baru bernama Q-MOVIK yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. Salah satu komponen penting model Q-MOVIK adalah Quis. Quis berbasis Q-MOVIK ini dirancang dengan 2 jenis yaitu Quis awal yang bertujuan untuk memaksa siswa membaca materi dan Quis akhir yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Quis berbasis Q-MOVIK yang dikembangkan menggunakan model Tessmer. Model pengembangan Tessmer yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu preliminary, self evaluation, expert reviews, one-to-one (low resistance to revision) dan small group serta field test (high resistance to revision). Hasil rekapitulasi 4 validator terhadap Quis berbasis Q-MOVIK yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat baik. Berdasarkan rekapitulasi nilai kevalidan secara keseluruhan didapatkan kevalidan 99,7% untuk Quis awal dan kevalidan 99,7% untuk Quis akhir dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Quis, Model Q-MOVIK, Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hayatun Nufus |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:11 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21462 |