Tradisi Pembelajaran Kitab Awamel Di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar

Nurjannah, 170501064 (2022) Tradisi Pembelajaran Kitab Awamel Di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Pembelajaran Kitab Awamel  Di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie  Aceh Besar] Text (Tradisi Pembelajaran Kitab Awamel Di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar)
Nurjannah, 170501064, FAH, SKI, 082370147705.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan “Tradisi Pembelajaran Kitab Awamel di Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie Aceh Besar”. Tradisi pembelajaran Kitab Awamel ialah suatu pokok utama dalam memahami kitab kuning lainnya, sehingga kitab tersebut wajib dipelajari oleh para santri. Kitab Awamel atau Nahwu merupakan cabang ilmu yang sangat penting dalam tata bahasa Arab yang memberikan pengaruh atau penentu terhadap kata di depannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie terletak di Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Dalam hasil penelitian tradisi pembelajaran Kitab Awamel bahwasanya kitab tersebut sudah digunakan sejak dulu hingga sekarang dan menjadi pokok utama dalam setiap Dayah terutama Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie dan menunjukkan bahwa kitab tersebut diwajibkan bagi santri untuk mempelajarinya. Upaya dapat mengetahui isi dari kitab-kitab kuning. Pembelajaran kitab Awamel merupakan materi terpenting yang harus dilalui santri dalam memahami bahasa Arab dan kitab-kitab yang bertulisan Arab gundul, untuk mencapai keberhasilan tersebut adanya sebuah metode yang digunakan dalam mempelajari kitab Awamel ialah penerapan yang membahas kaidah-kaidah dalam kitab Awamel dan memberikan contoh-contoh agar santri lebih mudah memahaminya. Selain menggunakan metode tersebut, juga menggunakan cara untuk memaksimalkan hasil belajar para santrinya, dengan memberikan tugas dan evaluasi bertujuan untuk mengetahui sampai mana santri dapat memahami isi kitab tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Nurjannah Nurjannah
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:17
Last Modified: 23 Jun 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item
View Item