Konsep Pemikiran Politik Kekuasaan dalam Perspektif Al-Qur`an

Aidil Azharie Handayani, 29173597 (2021) Konsep Pemikiran Politik Kekuasaan dalam Perspektif Al-Qur`an. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Pemikiran Politik Kekuasaan dalam Perspektif Al-Qur`an] Text (Konsep Pemikiran Politik Kekuasaan dalam Perspektif Al-Qur`an)
Aidil Azharie Handayani, 29173597, PS, IAT, 082289621104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Politik sangat erat hubungannya dengan kekuasaan. Dalam al-Qur`an membahas politik berarti membahas tentang suatu interaksi sosial. Jika kita melihat sistem politik yang ada pada zaman Rasullullah s.a.w, dalam menjalankan peran sebagai kepala Negara. maka sangat bercorak kepada sistem teo-demokrasi. Ternyata al-Qur`an juga telah banyak menyinggung permasalahan kekuasaan politik. Al-Qur`an menegaskan bahwa kekuasaan politik dianugerahkan oleh Allah kepada hambanya, sebagaimana firman Allah Q.S. Ali Imran: 26. Dalam al-Qur`an juga membahas ayat-ayat yang berkaitan dengan konsep politik kekuasaan. Sehingga membuat peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai konsep kekuasaan politik yang ada dalam al-Qur`an, Oleh karena itu, dalam penelitian ini, penulis akan mengungkapkan bagaimana prinsip-prinsip dasar politik dalam al-Qur`an. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mana sampelnya berdasarkan pertimbangan penulis sendiri. Dalam memecahkan permasalahan penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu analisis dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data yang diperoleh berkenaan dengan konsep politik kekuasaan dalam al-Qur`an yang kemudian dianalisa penafsirannya dengan metode penafsiran maudhu`i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam al-Qur`an dijelaskan bagaimana konsep politik di ajarkan, misalnya ada ayat yang menjelaskan pemimpin harus beriman (Q.S. al-Maidah: 51), ada juga ayat yang memerintahkan taat pada pemimpin (Q.S. Al-Nisa`: 59) ayat-ayat yang menyebutkan karakter manusia yang layak jadi pemimpin (Q.S. Al-Nisa`: 58-59), perintah bermusyawarah (Q.S. Al-Syura: 38) dan juga berbagai kisah-kisah kekuasaan orang-orang terdahulu yang bisa diambil pelajaran. Jadi, dalam al-Qur`an konsep politik kekuasaan memang tidak dijelaskan secara terstruktur dan terorganisir, namun demikian prinsip-prinsip dasar dari politik kekuasaan tetap dapat kita temukan dalam al-Qur`an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Aidil Azharie Handayani
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:43
Last Modified: 23 Jun 2022 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item
View Item