Peer Review artikel Persepsi Pengurus Pesantren Tradisional Terhadap Hukum Merokok dan Dampak Merokok Dengan Intensi Berhenti Merokok di Kabupaten Pidie Jaya

Ali Abubakar, 2001017106 (2022) Peer Review artikel Persepsi Pengurus Pesantren Tradisional Terhadap Hukum Merokok dan Dampak Merokok Dengan Intensi Berhenti Merokok di Kabupaten Pidie Jaya. Balitbang Kesehatan Aceh, Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Berisi tentang Peer Review artikel Persepsi Pengurus Pesantren Tradisional Terhadap Hukum Merokok di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Berisi tentang Peer Review artikel Persepsi Pengurus Pesantren Tradisional Terhadap Hukum Merokok di Kabupaten Pidie Jaya)
13. Peer Review_Jurnal SEL_Persepsi Pengurus Pesantren Tradisional.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)

Abstract

Aceh merupakan salah satu provinsi dengan persentase perokok yang sangat tinggi yaitu 29,3%. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi perilaku merokok namun belum banyak yang mengkaji mengenai intensi berhenti merokok terutama pada kalangan pesantren. Penelitian ini akan mengkaji persepsi terhadap hukum dan dampak merokok dengan intesi berhenti merokok pada pengurus pesantren tradisional di Kabupaten Pidie Jaya. Jenis penelitian analitik dengan desain potong lintang. Populasi dalam penelitian pengurus yang menetap di pesantren tradisional. Sampel penelitian sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis data dengan menggunakan regresi linear. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh persepsi terhadap dampak merokok terhadap intensi berhenti merokok (p=0,002), dan tidak ada pengaruh persepsi hukum merokok terhadap intensi berhenti merokok. Faktor yang internal yang berpengaruh terhadap intensi berhenti merokok adalah lama merokok (p=0,001), jumlah rokok (p=0,009), pendidikan (p=0,006) dan lingkungan (p=0,001). Faktor eksternal meliputi iklan dampak merokok (p=0,001) berpengaruh terhadap intensi berhenti merokok. Kesimpulan dari penelitian ini secara tidak langsung faktor internal melalui persepsi terhadap dampak merokok mempunyai pengaruh terhadap intensi berhenti merokok. Namun tidak mempunyai pengaruh jika melalui persepsi terhadap hukum. Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya agar dapat meningkatkan kampanye tentang bahaya dari rokok serta meningkatkan konseling kepada perokok aktif yang ingin berhenti merokok. Perlu peningkatan pengawasan terhadap tempat-tempat yang menjadi kawasan tanpa rokok sehingga dapat meningkatkan keinginan berhenti merokok.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Ali Abubakar Ali
Date Deposited: 23 Jun 2022 08:52
Last Modified: 23 Jun 2022 08:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21500

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item