Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MIN Tungkob Aceh Besar

Irhamna, 201223416 (2017) Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MIN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penggunaan Media Gambar]
Preview
Text (Membahas Tentang Penggunaan Media Gambar)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang paling umum dipakai. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar dari pada tulisan, apalagi jika gambar dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Rancangan penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan penelitian, observasi dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas II MIN Tungkob Aceh Besar, 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas II MIN Tungkob Aceh Besar, 3) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MIN Tungkob Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-5 MIN Tungkob Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi guru dan siswa, serta melalui test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I masih dalam kategori cukup dengan nilai 2,42, dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dengan nilai 3,57. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I masih dengan kategori cukup dengan nilai 2,42, dan aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 3,64. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media gambar pada tes siklus I, 16 orang yang tuntas (47,65%) dan 18 orang yang tidak tuntas (52,94%). Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan, 28 orang tuntas (82,35%) dan 6 orang yang tidak tuntas (17,64%). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MIN Tungkob Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih,M.Ag 2. Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Gambar,Bahasa Indonesia, siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irhamna Syamsuddin
Date Deposited: 08 Jan 2018 08:15
Last Modified: 08 Jan 2018 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item
View Item