Nurzia Chairunnisa, 170205114 (2021) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 2 Sigli melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurzia Chairunnisa, 170205114, FTK, PMA, 082260919972.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (23MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peran penting dalam matematika dan harus dikembangkan. Akan tetapi, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sigli masih rendah, yang berdampak pada hasil belajar siswa dan siswa kesulitan dalam memunculkan ide-ide yang kreatif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Metode penelitian yang digunakan adalah equivalent-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sigli. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling acak sederhana, dan terpilih kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 9,76 > 1,67 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurzia Chairunnisa |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 03:14 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 03:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21531 |