Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di SMP/MTs

Yulisa Maulidaini AR, 150205115 (2021) Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di SMP/MTs] Text (Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi di SMP/MTs)
Yulisa Maulidaini AR, 150205115, FTK, PMA, 082279413872.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi di SMP/MTs, (2) Penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi di SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriprif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 MTs Negeri 1 Aceh Tengah yang terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar tes kesalahan siswa pertama, lembar tes kesalahan siswa kedua dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah 1)Reduksi data; 2)Penyajian data; 3)Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi hanya sedikit melakukan kesalahan, Subjek dengan kemampuan sedang melakukan lebih dari satu kesalahan dan subjek dengan kemampuan rendah banyak melakukan kesalahan. Adapun jenis-jenis kesalahan yang banyak dilakukan siswa pada materi relasi dan fungsi yaitu: pada konsep siswa kurang memahami materi fungsi sehingga siswa tidak dapat membedakan fungsi dan relasi. Pada prinsip siswa tidak mengingat dan tidak menuliskan rumus fungsi. Kesalahan pada operasi terjadi karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat pada soal fungsi dan relasi. Dengan demikian disarankan kepada para pendidik agar memilih metode atau model pembelajaran yang sesuai sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulisa Maulidaini AR
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:08
Last Modified: 27 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item
View Item