Urgensi Bimbingan Karier Terhadap Pemahaman Diri Mahasiswa Prodi Seni Tari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (Jantho, Aceh Besar)

Erlina Devayani, 170402061 (2022) Urgensi Bimbingan Karier Terhadap Pemahaman Diri Mahasiswa Prodi Seni Tari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (Jantho, Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Karier] Text (Urgensi Bimbingan Karier)
Erlina Devayani, 170402061, FDK, BKI, 082164809358.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan utama kurangnya pemahaman diri sehingga tidak bereksplorasi secara luas tentang potensi dirinya dan dapat dihindari jika ada sejumlah informasi yang sulit untuk dijangkau. Ketika menemukan kesulitan tersebut disitulah mahasiswa menjadi tidak terarah dan tidak bisa membedakan yang sesuai dengan dirinya. Mahasiswa prodi seni tari ISBI angkatan 2018 memerlukan bimbingan karier agar lebih sesuai dengan potensi, bakat dan minat, memahami tentang karakteristik dirinya yang berhubungan dengan bidang tari untuk kariernya di masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman diri mahasiswa dan pemahaman tentang urgensi bimbingan karier. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalam metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian berjumlah empat orang mahasiswa prodi seni tari angkatana 2018. Teknik analisis yang dilakukan peneliti adalah teknik reduksi, display, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat mahasiswa tersebut ada tiga mahasiswa yang ragu dalam ketidak-sadaran memahami diri sendiri, sulit memahami diri bahkan ada yang belum menemukan jati diri, masih mencoba-coba dalam mencocokkan potensi ke arah mana ia berkembang. Menurut dari empat mahasiswa tiga mahasiswa mengatakan bimbingan karier itu sangat penting, karena dengan adanya bimbingan karier akan lebih terarah jenjang kariernya yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat. Maka perlunya bimbingan karier untuk menentukan arah pemahaman diri mahasiswa tersebut untuk menentukan persiapan karier yang matang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Erlina Devayani Ina
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:48
Last Modified: 29 Jun 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item
View Item