Dampak Keberadaan Pt Agro Sinergi Nusantara Terhadap Kemiskinan Kultural ( Studi Kasus Di Gampong Seunebok Pusaka ) Kecamatan Trumon Timur

Zunarlis, 170305042 (2022) Dampak Keberadaan Pt Agro Sinergi Nusantara Terhadap Kemiskinan Kultural ( Studi Kasus Di Gampong Seunebok Pusaka ) Kecamatan Trumon Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemiskinan Kultural] Text (Kemiskinan Kultural)
Zunarlis, 170305042, FUF, SA, 082274691348.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini mendeskripsikan masalah tentang dampak keberadaan PT Agro Sinergi Nusantara terhadap kemiksinan kultral yang terjadi di Gampong Seunebok Pusaka Aceh Selatan. Kategori kemiskinan yang mungkin mendarah daging membuat masyarakat gampong Seneubok pusaka menjadi pasrah dan berpandangan jika ini adalah takdir dari yang maha kuasa. Berangkat dari kategori kemiskinan tersebut, tampaknya kemiskinan yang terjadi pada masyarakat setempat merupakan kemiskinan kultural. Hal terebut disebabkan secara politis dan ekonomis, bahwa pemerintah setempat telah melakukan beberapa kebijakan, namun tetap saja terjadi penolakan dari masyarakat setempat dengan alasan budaya dan kebiasaan. Namun dengan adanya PT Agro Sinergi Nusantara sedikit banyaknya memberi perubaan bagi masyarakat Gampong Seunebok Pusaka, salah satunya lapangan pekerjaan serta adanya program-program dari pihak PT ASN untuk keberlangsungan hidup masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif studi kasus, dengan menggunakan teknik wawancara dan tanya jawab. Adapun data yang diperolah berupa data sekunder dan data primer yang mendukung data penelitian. Dari hasil penelitian peulis menemukan Kehadiran PT Agro Sinergi Nusantara tentunya memberikan perubahan yang bagus terhdap kemiskinan kultural yang ada di masyarakat Seunebok Pusaka Trumon timur Aceh Selatan, meskipun perubahan yang di berika tidak sampai 100%, namun masyarakat setempat yang dulunya banyak pengangguran dan jikalau pun ada pekerjaan tetap tidak meneteap, sehingga dengan kehadiran PT Agro sinergi Nusantara di lingkungan masyarakat Seunebok Pusaka memberian peluang pekerjaan dan bahkan menjadi pekerja tetap di perkebunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Zunarlis Zul
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:53
Last Modified: 29 Jun 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item
View Item