Identifikasi Masalah-Masalah Menjalani Hari Tua Dalam Keluarga Kurang Mampu Pada Masyarakat Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Sukmawati, 170402037 (2022) Identifikasi Masalah-Masalah Menjalani Hari Tua Dalam Keluarga Kurang Mampu Pada Masyarakat Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Masalah-Masalah Menjalani Hari Tua Dalam Keluarga Kurang Mampu] Text (Masalah-Masalah Menjalani Hari Tua Dalam Keluarga Kurang Mampu)
Sukmawati, 170402037, FDK, BKI, 082276621349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Hari tua merupakan tahap akhir dari perkembangan manusia. Hari tua merupakan proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berintraksi satu sama lain. Masalah utama dan penyebab gangguan keperibadian pada hari tua adalah keterbatasan fisik yang sangat ketat ketergantungan perasaan akan menghadapi berbagai macam persoalan. Persoalan pertama adalah penurunan kemampuan fisik sehingga kekuatan fisik berkurang, aktifitas menurun, sering mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan mereka kehilangan semangat pengaruh dari semua itu mereka yang dalam usia lanjut merasa dirinya tidak berharga lagi atau tidak dihargai lagi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah mengidentifikasikan masalah-masalah menjalani hari tua dalam keluarga kurang mampu pada masyarakat Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui problematika lansia bagi keluarga kurang mampu pada masyarakat Gampong Doy 2. Untuk mengetahui kendala yang dialami keluarga lansia yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Responden dalam penelitian ini terdiri dari lansia dan keluarga lansia. Teknik pengumpulan data melalui cara wawancara dan dokumentasi. Jumlah responden atau sampel akan di wawancarai adalah sebanyak 8 (delapan) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua lansia memiliki permasalahan yang sama pada masa tua yaitu, masalah kesehatan seperti berbagai macam penyakit yang siap menghampiri, masalah psikologis mulai merasa takut dan cemas akan datangnya hari tua, masalah ekonomi yang sangat sulit dikarenakan ketidak sesuaian antara masukan dan pengeluaran dan masalah sosial yang sangat terbatas dikarenakan adanya beberapa fakor yang tidak mendukung. Adapun kendala yang dialami keluarga lansia dalam memenuhi kebutuhan lansia sehari-hari yaitu keterbatasan di bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sukmawati Sukma
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:56
Last Modified: 29 Jun 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item
View Item