Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SMP Negeri 2 Sinabang

Desi Ismayarti, 160201104 (2021) Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SMP Negeri 2 Sinabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesulitan Membaca Al-Qur’an  pada Siswa SMP Negeri 2 Sinabang] Text (Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SMP Negeri 2 Sinabang)
Desi Ismayarti, 160201104, FTK, PAI, 085358499812.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Membaca dan memahami Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Al-Qur’an diturunkan Allah Swt sebagai pedoman hidup beragama Islam untuk dibaca dan diamalkan. membaca Al-Qur’an suatu perbuatan atau kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kesan dan pesan dari sebuah ajaran Ilahi dan sudah berbentuk kitab yang merupakan ibadah bagi orang yang membacanya, karena merupakan kalamullah yang diturunkan kepada Rasul-Nya yaitu nabi Muhammad Saw dan sebagai pedoman serta petunjuk bagi manusia kepada jalan yang lurus yaitu jalan keselamatan di dunia dan di akhirat. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan siswa dalam belajar membaca Al- Qur’an dan Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 2 Sinabang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis, dengan metode observasi awal, pemberian kuiseoner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bentuk-bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami oleh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sinabang yaitu: sulit mengenal huruf-huruf hijayyah, apabila penulisannya sudah di sambung atau menjadi sebuah kata, penguasaan ilmu tajwid jika sudah diterapkan di dalam Al- Qur’an, pengenalan tanda baca kesulitan yang terakhir kelancaran dalam membaca Al-Qur’an. Peran guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an kelas VII di SMP Negeri 2 Sinabang. Adapun Metode yang dipakai oleh guru dengan cara : 1, guru sebagai pengajar, sebagai pengajar guru harus bisa membuat peserta didik lebih semangat belajar membaca Al-Qur’an dan guru harus memilih metode yang tepat untuk peserta didik, dan metode yang disarankan yaitu metode iqro’ untuk anak tidak lancar membaca Al-Qur’an dan Qiro’ati untuk peserta didik yang terbata-bata dan lancar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Ismayarti Desi
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:05
Last Modified: 30 Jun 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item
View Item