Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kota Banda Aceh

Muhammad Nazar Hariski, 160403028 (2021) Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan  Pariwisata Di Kota Banda Aceh] Text (Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kota Banda Aceh)
Muhammad Nazar Hariski, 160403028, FDK, MD, 082284322626.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti karena berdasarkan pengamatan awal menunjukkan bahwa pengguna media sosial masih mengambil peran yang cukup kecil dan indikatornya seperti acuh tak acuh dalam bermedia sosial, menganggap pariwisata hal yang memang tidak penting, menjadikan spot foto tanpa ada rasa mempromosikan wisata di kota Banda Aceh kurangnya rasa peka dalam mempromosikan wisata tanpa mengetahui feedback dari banyaknya wisatawan yang masuk dan lain sebagainya dalam mempromosikan wisata di kota Banda Aceh. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui peran media sosial dalam mempromosikan wisata, Peran Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan wisata dan faktor penghambat dan pendukung media sosial dalam mempromosikan wisata di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Sosial berperan sangat penting dalam mempromosikan wisata di Kota Banda Aceh. Di era sekarang ini, selain bisa mempromosikan lewat brosur atau koran, mempromosikan melalui media sosial adalah solusi dalam mempromosikan wisata di Kota Banda Aceh. Peran Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dalam mempromosikan pariwisata di Kota Banda Aceh yaitu mempromosikan melalui video, baliho, flyer, filem pendek yang menceritakan tentang wisata tersebut yang kemudian akan diposting di media sosial untuk diakses oleh masyarakat luas. Disisi lain Dinas Pariwisata juga bekerjasama dengan duta wisata yang akan mempromosikan wisata di Kota Banda Aceh baik melalui media sosial atau program seperti program cafe to cafe serta bekerja sama dengan komunitas seperti komunitas seni, komunitas genpari dan lain sebagainya. Dinas Pariwisata mempromosikan wisata Kota Banda Aceh melalui media digital seperti menggunakan media Instagram, melalui web resmi Dinas Pariwisata, You Tube dan lain sebagainya yang aktif mempromosikan wisata setiap harinya sehingga bisa diakses bagi masyarakat Kota Banda Aceh, masyarakat Aceh, nasional sampai ke internasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Nazar Hariski
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:08
Last Modified: 30 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item
View Item