Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Ar- Rabwah Indarpuri Aceh Besar.

Fazratun Navis, 170201034 (2021) Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Ar- Rabwah Indarpuri Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an] Text (Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an)
Fazratun Navis, 170201034, FTK, PAI, 085362873986_084557.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di pesantren Ar-Rabwah, karena tujuan utama dari pembelajaran ini dilakukan untuk mencetak generasi qur’ani yang mampu membaca Al-Qur’an serta mengamalkan dalam kehidupan. Dalam pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an membutuhkan strategi dan metode dari para ustadz/ustadzah, agar para santri mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan fasih. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terkait dengan strategi yang diterapkan oleh ustadz/ustadzah dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di pesantren Ar-Rabwah dan kendala-kendala yang dihadapi ustadz/ustadzah dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif. Untuk mengetahui populasi seluruh objek dan sampel diambil dari pesantren untuk perlengkapan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh ustadz/ustadzah dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an adalah dengan mengadakan tahsin dan tidak beralih ke ayat berikutnya apabila ayat sebelumnya tidak dilancarkan, menggunakan metode iqrar dan juga menggunakan media dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. Kendala yang dihadapi santri ialah kurangnya motivasi dari diri mereka sendiri dan terbatasnya waktu yang dimiliki santri untuk hafalan. Kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi proses pembelajran tahfizh Al-Qur’an untuk para santri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan berbagai strategi dapat mencapai keberhasilan pembelajaran secara efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fazratun Navis Navis
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:13
Last Modified: 04 Jul 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item
View Item