Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu tingkat Aliyah di Pesantren Terpadu Nurul Islam Blang Rakal, Bener Meriah.

Anita Silviana, 180202030 (2022) Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu tingkat Aliyah di Pesantren Terpadu Nurul Islam Blang Rakal, Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of ANITA SILVIANA (180202030).pdf] Text
ANITA SILVIANA (180202030).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu tingkat Aliyah di Pesantren Terpadu Nurul Islam Blang Rakal, Bener Meriah”. Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan pengamatan peneliti bahwasannya guru melakukan proses belajar mengajar mata pelajaran nahwu hanya menggunakan metode tradisional dan kebanyakan siswa tidak lulus mata pelajaran Nahwu berdasarkan nilai ujian akhir. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami qaidah Nahwu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tipe one group pre-test post test design, dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua santri tingkat aliyah di pesantren terpadu Nurul Islam Blang Rakal, Bener Meriah. Dan sample yang dipilih adalah kelas 5b berjumlah 21 santri. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Nahwu. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai sig dari uji T menunjukan nilai 0,00 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan nilai tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasannya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis a (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Salami Mahmud, MA Pembimbing 2: Safariah, M.A
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Qawaid, Nahwu
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anita Silviana
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:16
Last Modified: 08 Aug 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item
View Item