Memilih Menjadi Unik: Identitas Seksual Dan Penyesuaian Kehidupan Sosial Perempuan Butchi Di Kota Banda Aceh

Putri Reghina Anisa, 170305059 (2021) Memilih Menjadi Unik: Identitas Seksual Dan Penyesuaian Kehidupan Sosial Perempuan Butchi Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Memilih Menjadi Unik: Identitas Seksual Dan Penyesuaian Kehidupan Sosial Perempuan Butchi Di Kota Banda Aceh] Text (Memilih Menjadi Unik: Identitas Seksual Dan Penyesuaian Kehidupan Sosial Perempuan Butchi Di Kota Banda Aceh)
Putri Reghina Anisa, 170305059, Sosiologi Agama, FUF, 082275509890.pdf - Updated Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Memilih Menjadi Unik: Identitas Seksual Dan Penyesuaian Kehidupan Sosial Perempuan Butchi Di Kota Banda Aceh. Masalah yang akan dijawab pada penelitian ini adalah bagaimana perempuan butchi menyesuaikan diri dalam kehidupan sosial, dan bagaimana perempuan butchi menggambarkan sikap lesbiannya dan mempertahankan identitas seksual mereka di lingkungan sosial kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perempuan butchi menyesuaikan diri dalam kehidupan sosial di kota Banda Aceh dan untuk mengetahui bagaimana perempuan Butchi menggambarkan sikap lesbiannya kepada publik dan mempertahankan identitas seksual mereka dalam lingkungan sosial di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan memperoleh data melalui data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, untuk menyesuaikan diri di lingkungan sosialnya, GNH, SF, dan RF berusaha dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak senonoh dan menyadari diri sebagai minoritas seksual di tanah yang menolak minoritas seksual, dan mereka masih sangat mengkhawatirkan banyak hal mengenai kelangsungan hidup mereka seperti hubungan percintaan, keluarga dan juga kondisi mereka sendiri yang memiliki beban berkali-kali lipat karena tekanan sosial yang mereka dapat di kehidupan sehari-hari. Kedua, dalam negosiasi identitasnya, ada ketakutan tentang bagaimana mereka akan dipandang sebagai orang yang menyimpang dan proses coming out pun akan sangat sulit karena masih didominasi oleh perasaan kurang percaya diri dan menganggap bahwa orang di sekitar mereka tidak akan menerima dirinya dan akan memberikan perlakuan negatif kepada diri mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Identitas Seksual, Perempuan Butchi
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Putri Reghina Anisa Putri
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:57
Last Modified: 05 Jul 2022 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item
View Item