Pembinaan Etika Berbicara Pada Santri TPQ Masya di Ulee Kareng Aceh Besar

Karlaini, 170201125 (2021) Pembinaan Etika Berbicara Pada Santri TPQ Masya di Ulee Kareng Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembinaan Etika Berbicara Pada Santri TPQ Masya  di Ulee Kareng Aceh Besar] Text (Pembinaan Etika Berbicara Pada Santri TPQ Masya di Ulee Kareng Aceh Besar)
Karlaini, 170201125, FTK, PAI, 081533156014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembimaan etika dan moral adalah suatu arahan, bimbingan dan tindakan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik untuk memperbaiki perilaku peserta didik menjadi lebih baik sesuai dengan adat kebiasaan. TPQ Masya adalah salah satu lembaga pendidikan yang telah menacapai tujuan pembelajaran, salah satunya yaitu pembinaan etika berbicara terhadap peserta didik. Para santri yang berada di TPQ Masya ini dalam hal berbicara sangat menjaga lidah tidak sembarangan dalam berbicara, dan ini adalah hasil didikan para pendidikyang ada di TPQ Masya. Fokus kajian meliputi: (1) Bagaimana budaya belajar bahasa santun di TPQ Masya Ulee Kareng Aceh Besar, (2) Bagaimana implementasi etika berbicara pada santri TPQ Masya di Ulee Kareng Aceh Besar, (3) Apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan etika berbicara pada santri TPQ Masya di Ulee Kareng Aceh Besar. Metodologi penelitian yang penulis gunakan yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan, untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, metode yang penulis gunakan antara lain : metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi data, yaitu trianggulasi teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Adapun Budaya belajar berbahasa santun yang dilakukan dalam pembinaan etika berbicara santri TPQ Masya yaitu: membiasakan berkata jujur tidak boleh berbohong meskipun bercanda, memberi materi yang berkaitan dengan materi etika berbicara, juga membacakan hadits mengenai berkata baik dan sopan. Mengingatkan kepada santri bahwa apa yang kita ucapkan akan dicatat oleh malaikat Mungkar dan Nankir, Adapun Implementasi yang dilakukan dalam pembinaan etika berbicara santri yaitu, Ustadzah berperan menjadi contoh bagi santri, Ustadzah membiasakan santri berbicara sopan , Ustadzah sebagai pengawas dan sebagai penasehat. Semua ini saling berkesinambungan dan berperan dalam pembinaan akhlak berbicara santri. Selain itu, ada beberapa faktor pendukung yang menunjang pembinaan etika berbicara santri yaitu: orangtua, motivasi dan lingkungan. Namun peneliti juga melihat beberapa faktor penghambat etika bicara santri seperti teman sebaya media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karlaini Karlaini
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:24
Last Modified: 06 Jul 2022 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item
View Item