Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Proses Pembelajaran Daring (Studi Pada Orang Tua Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Ulisma Sihombing, 170402078 (2022) Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Proses Pembelajaran Daring (Studi Pada Orang Tua Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring] Text (Pembelajaran Daring)
Ulisma Sihombing, 170402078, FDK, BKI, 082361871752.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia terutama pada anak. Anak adalah manusia yang diamanahkan oleh Allah SWT kepada orang tua. Orang tua disini sangat penting dalam mengembangkan potensi-potensi alamiah yang dimiliki oleh anak, hendaknya anak tersebut dapat menempuh jalur pendidikan yang baik, dalam hal ini lembaga penyelenggaraan pendidikan adalah sekolah. di era saat ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring, atau pembelajaran yang dilakukan di rumah dengan peran orang tua pada anak memiliki beberapa kendala sehingga tidak sedikit orang tua meminta pihak sekolah untuk dapat segera melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui upaya orang tua mengatasi hambatan dalam pembelajaran daring pada anak di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam mendampingi anak pada proses pembelajaran daring di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh, serta untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan oleh orang tua terhadap kesulitan pembelajaran daring pada anak di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpuan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada peran orang tua dalam mendampingi anak pada proses pembelajaran daring di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh yaitu orang tua dengan ikut membimbing dan mengawasi terutama pada ibu yang memang waktunya banyak dihabiskan di rumah ikut berpartisipasi dalam upaya untuk pembelajaran daring pada anak, dan faktor penghambat serta pendukung bagi orang tua dalam mendampingi anak pada proses pembelajaran daring yaitu orang tua dapat mengawasi anak-anaknya ketika pembelajaran berlangsung di rumah, penghambatnya orang tua kurang mampu untuk menyediakan fasilitas pembelajaran yang diperlukan dan peran orang tua dalam mendampingi anak pada proses pembelajaran daring pada anak di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak sehingga orang tua dapat melihat kesulitan yang dihadapi oleh anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ulisma Sihombing Lisma
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:13
Last Modified: 07 Jul 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item
View Item