Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh

May Sarah, 160213055 (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik di SMA  Negeri 11 Banda Aceh] Text (Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
May Sarah, 160213055, FTK, BK, 087848580805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pengembangan bakat merupakan kemampuan yang menunjukan bahwa suatu tindakan dapat dilaksanakan sekarang, sedangkan bakat memerlukan latihan dan pendidikan agar suatu tindakan dapat dilakukan dimasa yang akan datang. Begitu juga yang sudah diteiti di SMA Negeri 11 Banda Aceh yaitu kurangnya informasi mengenai bakat yang menyebabkan peserta didik tidak mampu menilai dan memahami kemampuan diri sendiri atau bakat yang dimiliki, ditambah kurangnnya sarana dan prasarana yang kurang mendukung. Sehingga menyebabkan bakat peserta didik tidak berkembang secara optimal dan tidak mencapai prestasi yang tinggi. Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Pengembangan Bakat Peserta Didik. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental dengan One Group Pretest dan Postest Desain. Populasi penelitian berjumlah 103 peserta didik. Dan di ambil sampel penelitian sebanyak 20 peserta didik, menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan konseling kelompok berpengaruh terhadap pengembangan bakat peserta didik, ditandai dengan perubahan skor rata-rata pretest 1.452 menjadi postest 1.889. Artinnya terjadi peningkatan pada pengembangan bakat pada peserta didik. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan pengembangan bakat peserta didik SMA Negeri 11 Banda Aceh. Dengan ditandai hasil hipotesis yaitu (Ha: adanya pengaruh konseling kelompok terhadap pengembangan bakat peserta didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh) dan (Ho: Tidak adanya pengaruh konseling kelompok terhadap pengembangan bakat peserta didik di SMA Negeri 11 Banda Aceh), ini artinya ( Ha: Diterima dan Ho: Ditolak).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: May Sarah
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:07
Last Modified: 15 Jul 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item
View Item