Indra Mardiani, 201003022 (2022) Pengembangan Awalan Tantangan Aksi Pesan Moral (Atap) Dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MIN 11 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
Indra Mardiani, 201003022, PS, PAI, 08116883119.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (24MB)
Abstract
Kurangnya kepekaan peserta didik dalam menyikapi permasalahan dikehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan materi pembelajaran serta sering melarikan diri dari permasalahan tersebut sehingga mempengaruhi hasil belajar, motivasi, minat dan karya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan Awalan Tantangan Aksi Pesan Moral (ATAP) dalam proses pembelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan hasil belajar, melatih peserta didik peka terhadap masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan motivasi peserta didik baik secara kognitif, sikap serta menghasilkan produk secara nyata. Penelitian ini merupakan kualitatif dan kuantitatif dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Devolepment, Implementation dan Evaluations. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 54 orang, 27 berada di kelas pengembangan dan 27 di kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembaran observasi, lembaran wawancara dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan Awalan Tantangan Aksi Pesan Moral (ATAP) yang pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak dapat digunakan sebagai pembelajaran dengan persentase hasil belajar terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada semester I sebesar 67%, pada semester II 81 %. Melatih peserta didik peka terhadap masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di rumah yang berhubungan dengan materi aqidah akhlak, 74% bertanggung jawab, 85% mampu mengambil hikmah dan mengaplikasikan dalam bentuk karya yaitu cerita anak bergambar yang berkarakter baik.Peningkatan motivasi 88%, minat peserta didik tidak merasa bosan sebesar 74%, dan perhatian peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan Awalan Tantangan Aksi Pesan moral (ATAP) sangat layak diterapkan pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar, membentuk sikap, menghasilkan sebuah produk, dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar, manfaat penelitian ini bagi peserta didik dapat terlibat secara aktif, kreatif dalam menerapkan karakter baik berdasarkan materi ajar sehingga mampu mengimplementasikan dalam bentuk karya cerita anak bergambar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Silahuddin, M.Ag Dr. Teuku Zulkhairi, MA |
Uncontrolled Keywords: | ATAP., ADDIE, Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indra Mardiani |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21879 |