Penggunaan Pembatas Aliran (Katup) Jenis Swing Check Pada Keran Air Untuk Efisiensi Air Wudu.

Muhammad Daudsyah, 170702059 (2022) Penggunaan Pembatas Aliran (Katup) Jenis Swing Check Pada Keran Air Untuk Efisiensi Air Wudu. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Pembatas Aliran (Katup) Jenis Swing Check Pada Keran Air Untuk Efisiensi Air Wudu.] Text (Penggunaan Pembatas Aliran (Katup) Jenis Swing Check Pada Keran Air Untuk Efisiensi Air Wudu.)
Muhammad Daudsyah, 170702059, FST, TL, 085282309534.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Nabi Muhammad SAW hanya menggunakan 1 mudd air (sekitar dua pertiga liter) atau sekitar 0,67 liter untuk melakukan kegiatan wudu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi penggunaan pembatas aliran (katup) jenis Swing Check pada kran air yang berkaitan dengan aktivitas wudu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatas aliran (katup) dari jenis Swing Check mampu menghemat pemakaian air secara efisien dengan rata-rata efisiensi sebesar 43%. Volume air wudu rata-rata yang dihasilkan per individu sebelum penggunaan adalah 17,68 liter/orang. Setelah dipasang pembatas aliran (katup) volume pemakaian air wudu rata-rata yang dihasilkan secara individu yaitu sebesar 10,09 liter/orang. Dengan penelitian ini, diharapkan ke depan kita dapat memperbarui teknologi yang dapat menghemat air, tidak hanya dalam menghemat air tetapi juga dalam menjaga keberadaan air, apalagi keterlibatan konservasi air juga berperan penting dalam penghematan penggunaan air.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Aulia Rohendi, S.T., M.Sc. Teuku Muhammad Ashari, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Katup Swing Check, keran wudu, wudu, konservasi air
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Muhammad Daudsyah
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:45
Last Modified: 18 Jul 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21918

Actions (login required)

View Item
View Item