Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Meninngkatkan Keaktifan Siswa di SMP Negeri 2 Batee

Muhammad Yasir, 140201168 (2022) Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Meninngkatkan Keaktifan Siswa di SMP Negeri 2 Batee. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMP Negeri 2 Batee] Text (Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMP Negeri 2 Batee)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Keaktifan belajar atau belajar aktif (active learning) merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal. Belajar aktif akan menciptakan suasana pembelajaran yang bersemangat, dinamis dan menyenangkan. Metode sosio drama menjadi pilihan peneliti karena metode ini mendorong siswa terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode sosio drama dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan baik. Penerapan sosiodrama pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 2 Batee mendapat respon yang baik. dari 11 pertanyaan respon siswa 7 diantaranya memiliki persentase yang baik yang mana berkisar antara 76,2 % – 91,2 %.. hal ini juga dapat dilihat dari lembar observasi yang mana siswa/siswi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan diterapkankannya metode sosiodrama dalam proses belajar. Penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan setiap siklusnya dari siklus I ke siklus II sebesar 12%. Hasil observasi aktivitas pada siswa pada siklus I diperoleh nilai persentase sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 75% dan pada kriteria keberhasilan menunjukkan tingkat aktivitas sudah baik dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran. Berdasarkan hasil rekafitulasi rekafitulasi tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata aktivitas peserta didik setiap siklusnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa melalui metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran, berhasil meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Yasir Yasir
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:59
Last Modified: 18 Jul 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item
View Item