Konsep 'Aqilah dalam Perspektif Hukum Islam

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Konsep 'Aqilah dalam Perspektif Hukum Islam. In: 2nd International Social Development Conference (ISDC), 17-18 Agustus 2016, Langkawi Island, Malaysia.

[thumbnail of Berisi artikel Prosiding tentang Konsep 'Aqillah dalm Hukum Islam] Text (Berisi artikel Prosiding tentang Konsep 'Aqillah dalm Hukum Islam)
12_Konsep 'Aqilah_Prosiding.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

'Aqilah adalah pihak yang menanggung diyat atas kasus pembunuhan semi sengaja dan tersalah. Dewasa ini konsep 'aqilah tidak lagi berlaku dalam sistem hukum Islam, termasuk belum mendapat tempat yang seharusnya dalam kajian fikih kontemporer. Padahal konsep 'aqilah ini dapat menjadi solusi dalam menjawab persoalan yang dihadapi umat, khususnya pada kasus pembunuhan semi sengaja dan tersalah. Penelitian ini mengakaji tentang konsep 'aqilah dan relevansinya untuk penerapan pada masa sekarang. Hasil kajian menemukan bahwa 'aqilah pada masa rasul adalah 'asabah. Pada masa Umar, kosep 'aqilah mengalami perubahan, dimana pembebanan diyat bukan hanya kepada 'ashabah tetapi juga pada kalangan diwan. Kalangan Hanafiyah dan Malikiyah sependapat dengan pendapat Umar, sedangkan kalangan Hanabilah dan Syafi'yah menganggap bahwa ijtihad umar bertentang dengan ketetapan Rasul. Kajian ini juga menemukan bahwa definisi 'aqilah dapat diperluas ke dalam beberapa kategori; yaitu sebagai teman seprofesi, asuransi bahkan negara dapat menjadi 'aqilah dengan syarat-syarat tertentu. karena ketiga kategori tersebut sekarang ini dapat digolongkan sebagai pihak yang dapat menolong dan membantu tindak pidana

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:52
Last Modified: 22 Jul 2022 01:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21933

Actions (login required)

View Item
View Item