Peran Pemamoan Dalam Adat Perkawinan Suku Kluet Di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Masriati, 170501058 (2022) Peran Pemamoan Dalam Adat Perkawinan Suku Kluet Di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran  Pemamoan  Dalam  Adat  Perkawinan  Suku  Kluet Di Gampong  Ruak   Kecamatan  Kluet  Utara Kabupaten Aceh  Selatan] Text (Peran Pemamoan Dalam Adat Perkawinan Suku Kluet Di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Masriati, 170501058, FAH, SKI, 082378579179.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini akan membahas tentang “ Peran Pemamoan Dalam Adat Perkawinan Suku Kluet Di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelasakan tentang pemamoan, peran pemamoan dalam adat perkawinan suku Kluet di Gampong Ruak serta tanggapan masyarakat terhadap peran pemamoan dalam adat perkawinan suku Kluet di Gampong Ruak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan, yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat Gampong Ruak yang pernah menjadi pemamoan dalam adat perkawinan suku Kluet di Gampong Ruak. Teknik pengumpulan data yang dlakukan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, juga mengunakan teknik analisis data sebagai pelengkap. Teknik analisis data dibagi dalam tiga alur kegiatan yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemamoan merupakan paman atau saudara laki-laki dari pihak ibu, pemamoan berperan sebagai mengurus seluruh keperluan pengantin baik pengantin perempuan maupun pengantin laki-laki dan masyarakat Gampong Ruak merespon dengan baik dan menerima sebagai peran pemamoan dalam adat perkawinan suku Kluet di Gampong Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemamoan, Adat Perkawinan, Suku Kluet
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Masriati Masriati
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:59
Last Modified: 20 Jul 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item
View Item