Peer reviewa laporan penelitian Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Perspektif Pengguna Lulusan (User)

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer reviewa laporan penelitian Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Magister Ilmu Agama Islam Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam Perspektif Pengguna Lulusan (User). Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of peer reviewa laporan peneltian Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI] Text (peer reviewa laporan peneltian Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI)
Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program Studi (Prodi) Ilmu Agama Islam (IAI) merupakan salah satu prodi tertua dalam sejarah Pascasarjana UIN Ar- Raniry yang memiliki beberapa konsentrasi. Sesuai dengan tuntutan pemberlakuan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di perguruan tinggi di Indonesia yang juga tidak bisa dilepaskan dari Standar Nasional Pendidikan, maka Prodi IAI juga dituntut untuk menyesuaikan diri. Penelitian kualitatif berikut dilaksanakan di Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Tengah, dengan total informan sebanyak 17 orang yang terdiri dari pengguna dan alumni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum para pengguna (user) memandang secara positif lulusan Prodi Ilmu Agama Islam Pascasarjana UIN Ar- Raniry baik dari aspek hard skill, maupun soft skill. Terkait dengan desain dan implementasi kurikulum, pengguna dan lulusan menyatakan bahwa struktur mata kuliah yang ada selama ini pada dasarnya sudah memadai, hanya saja perlu disempurnakan lagi sesuai tuntutan era revolusi industri 4,0 yang menuntut perguruan tinggi untuk menerapkan kurikulum berstandar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), khususnya pada aspek penguatan bahasa asing dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:55
Last Modified: 22 Jul 2022 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21988

Actions (login required)

View Item
View Item