Implementasi Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 40 Aceh Besar

Eka Febrianti Muhta, 180209086 (2022) Implementasi Model Cooperative Learning tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIN 40 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Cooperative Learning] Text (Model Pembelajaran Cooperative Learning)
Eka Febrianti, 180209086, FTK, PGMI, 085217010108.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di MIN 40 Aceh Besar tepatnya di kelas V pada saat proses pembelajaran IPS berlangsung terdapat permasalahan yaitu masih banyak peserta didik yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, hal ini ditandai dengan minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran komunikasi sangat rendah, pada umumnya peserta didik merasa tidak berani dan malu saat ditugaskan untuk tampil berkomunikasi di depan teman-temannya, lalu pada saat dilaksanakannya kerja kelompok hanya beberapa peserta didik saja yang mengerjakan tugas kelompok tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 40 Aceh Besar, dan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik di kelas V MIN 40 Aceh Besar dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V MIN 40 Aceh Besar dengan jumlah peserta didik 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase yaitu 76,52% kategori baik dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh skor persentase sebesar 94,78% kategori sangat baik. Sedangkan pada aktivitas peserta didik siklus I diperoleh skor persentase yaitu 73,41% kategori baik kemudian terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh skor persentase sebesar 85,21% kategori sangat baik. Adapun kemampuan komunikasi peserta didik siklus I diperoleh skor persentase yaitu 54,00% kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu diperoleh skor persentase sebesar 89,69% kategori sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Febrianti Muhta Eka
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:56
Last Modified: 27 Jul 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22094

Actions (login required)

View Item
View Item