Turnitin Artikel Pedagogic Spiritual Approach Through the Model 'Collaboration based on Three Circle Components' (Coba3cc)

Masbur, 2005027402 Turnitin Artikel Pedagogic Spiritual Approach Through the Model 'Collaboration based on Three Circle Components' (Coba3cc). ICONS, Tegal.

[thumbnail of Pedagogic Spiritual Approach Through the Model 'Collaboration based on Three Circle Components' (Coba3cc)] Text (Pedagogic Spiritual Approach Through the Model 'Collaboration based on Three Circle Components' (Coba3cc))
Turnitin - Pedagogic Spiritual Approach Through the Model.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pedagogi spiritual adalah teori atau konsep pendidikan yang menarik perhatian para pendidik dan peneliti di dunia barat selama dua dekade terakhir. Teori ini berusaha menerapkan nilai-nilai yang bersumber dari agama dan budaya dalam praktik pendidikan di sekolah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara objektif kondisi perkembangan sikap spiritual siswa di SMAN Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pedagogi spiritual sebagai pendekatan untuk mendeskripsikan perkembangan sikap keagamaan siswa SMAN di Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan beberapa aspek sikap religius, penerapan pedagogi spiritual dalam meningkatkan religiusitas siswa, metode evaluasi religiusitas siswa dalam pembelajaran, dan hambatan dalam pembinaan sikap religius siswa melalui pedagogi spiritual. Namun, penelitian ini menemukan bahwa implementasi nilai-nilai spiritual belum optimal dilakukan di sekolah-sekolah di SMAN di Kabupaten Pidie. Selain itu, penelitian juga menemukan model baru yang akan dilakukan melalui pedagogi spiritual yang disebut “Kolaborasi Berbasis Tiga Komponen Lingkaran” (CoBa3CC), yang terdiri dari tiga bentuk, yaitu pedagogi spiritual berbasis kelas, pedagogi spiritual berbasis budaya sekolah, dan pedagogi spiritual berbasis kelas. pedagogi spiritual berbasis komunitas

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr,. M.Ag Masbur Masbur
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:10
Last Modified: 29 Jul 2022 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22109

Actions (login required)

View Item
View Item