Perancangan Prototype Traffic Light Mengggunakan Arduino Mikrokontroller Berbasis Antrian Pada Sebuah Route Persimpangan

Ulya Zikra, 170211029 (2022) Perancangan Prototype Traffic Light Mengggunakan Arduino Mikrokontroller Berbasis Antrian Pada Sebuah Route Persimpangan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Prototype Traffic Light  Mengggunakan Arduino Mikrokontroller Berbasis Antrian Pada Sebuah Route Persimpangan] Text (Perancangan Prototype Traffic Light Mengggunakan Arduino Mikrokontroller Berbasis Antrian Pada Sebuah Route Persimpangan)
Ulya Zikra, 170211029, FTK, PTE, 082284274838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang juga disertai dengan perkembangan teknologi, jumlah kendaraan yang ada terus bertambah banyak sehingga lalu lintas di jalan juga semakin bertambah padat, akan tetapi hal tersebut tidak diikuti dengan perkembanagn infrastruktur yang ada. Perkembangan tersebut membawa dampak terhadap sistem lalu lintas yang ada yaitu dalam sistem pengaturan waktu penyalaan traffic light. Saat ini pengaturan traffic light yang diterapkan adalah dengan penetapan durasi nyala lampu kuning, merah, dan hijau. Prototype traffic light salah satu pemanfaatan dari sistem komputerisasi otomatis sebagai contoh berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan kendaraan mengakibatkan menumpuknya jumlah kendaraan di jalan terutama pada simpang empat. Pengaturan ini berlaku sepanjang hari sementara jumlah arus lalu lintas tidaklah sama setiap waktu, sehingga diperlukan sistem yang mengendalikan durasi nyala lampu lalu lintas mampu menyesuaikan dengan kepadatan kendaraan pada satu jalur. Prototype ini bertujuan untuk mengaplikasikan sistem traffic light dengan kontrol waktu sesuai dengan jarak antrian kendaraan, yang menggunakan infrared sensor diatas trotoar pada jarak 4 cm. Infrared sensor sebagai input dan LED sebagai output. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dimana penelitian ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan (kelayakan) suatu produk. Proses pengujian yang dilakukan dengan menguji kepekaan infrared sensor terhadap sistem output LED yang diterima olehnya, guna untuk melihat sejauh mana hasil dari kelayakan produk prototype traffic light tersebut. Hasil pengujian prototype trafiic light diperoleh nilai rata-rata 85,36% dari kedua ahli media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ulya Zikra Ulya
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:56
Last Modified: 29 Jul 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item
View Item