Peer Review Siyasah Dusturiyah sebagai Sistem Perpolitikan dalam al-Qur'an

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Review Siyasah Dusturiyah sebagai Sistem Perpolitikan dalam al-Qur'an. Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Banda Aceh.

[thumbnail of peer review artikel Siyasah Dusturiyah sebagai Sistem Perpolitikan dalam al-Qur'an] Text (peer review artikel Siyasah Dusturiyah sebagai Sistem Perpolitikan dalam al-Qur'an)
peer review-siyasah dusturiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (513kB)

Abstract

Siyasah dusturiyyah selama ini belum terungkap secara terperinci. Dalam pentas sejarah dunia dapat dilihat bahwa baik buruknya negara tergantung dengan sistem pemerintahan. Alquran secara tegas telah menetapkan keharusan adanya pemerintahan. Allah Swt memerintahkan Rasulullah Saw untuk membiasakan dan melatih diri dalam urusan kepemerintahan. Dengan demikian untuk menemukan idealitas Islam dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, maka judul skripsi tentang “Penafsiran Ayat-Ayat Siyāsah Dusturiyāh (Kajian Sistem Pemerintahan)” sangat menarik untuk dikaji. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan tematik (Maudhu’ï). Dalam metode tematik semua ayat yang berkaitan dikumpulkan, kemudian dikaji secara lebih mendalam dari berbagai aspek yang berkaitan dengannya. Dalam metode ini juga didukung dengan dalil-dalil atau kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan rasional. Berdasarkan metode yang digunakan, Alquran menjelaskan bahwa kepemimpinan dalam siyāsah dusturiyāh dapat disesuaikan dengan setiap zaman. Kepemimpinan dalam Islam merupakan fitrah bagi setiap manusia sekaligus memotivasi kepemimpinan yang Islami. Manusia di amanahi Allah Swt untuk menjadi khalifah untuk memimpin umat dalam agama dan dunia, juga mengatur umat serta menjaga agama dan politik. Sistem pemerintahan yang disebut di dalam Alquran terdiri dari lima: yaitu Imamah, Rakyat dan Kewajibannya, Bai’at, Ahl al-Hall Wa al-Aqd, dan Wizarah.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:31
Last Modified: 04 Aug 2022 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22184

Actions (login required)

View Item
View Item