Praktik Bacaan Surah al-Wāqi`ah di Dayah Madani Al-Aziziyah Lampeunerut Gampong Ujong Blang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Ikhsan Maulana, 170303057 (2022) Praktik Bacaan Surah al-Wāqi`ah di Dayah Madani Al-Aziziyah Lampeunerut Gampong Ujong Blang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Praktik Bacaan Surah al-Wāqi`ah] Text (Praktik Bacaan Surah al-Wāqi`ah)
Ikhsan Maulana, 170303057, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Surah al-Wāqi`ah ini menjelaskan tentang secara arti surah tersebut masalah hari kiamat dan segala keadaannya. Praktik membaca surah al-Wāqi`ah ini seharusnya santri-santri yang membaca surah al-Wāqi`ah ini, harus mengetahui tentang keutamaan ataupun faedah-faedah dari surah tersebut. Namun pada kenyataannya santri-santri itu hanya membaca saja artinya mereka belum mengetahui apa saja keutamaan ataupun faedah-faedah dari surah tersebut. Maka dari itu muncullah sub-sub masalah yaitu Bagaimanakah Praktik Bacaan Surah al-Wāqi`ah di kalangan santri Dayah Madani Al-Aziziyah Lampeunerut Aceh Besar ? Bagaimana pandangan Masyarakat Dayah Madani al-Aziziyah tentang adanya Praktik Pembacaan Surah al-Wāqi`ah di Dayah Madani Al-Aziziyah Lampeunerut Gampong Ujong Blang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar? Penelitian karya Ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif. Field Researh merupakan pencarian data penelitian yang dapat diperoleh langsung dari lokasi penelitian tersebut. selanjutnya Adapun teknik menganalisis data yaitu dalam metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data ada 3 teknik: yang pertama wawancara, kedua observasi, ketiga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan yang bahwa berbicara tentang pertama sekali melaksanakan membaca surah al-Waqi’ah di Dayah Madani al-Aziziyah ini, saat adanya dayah Madani ini, dan kegiatan ini dirujuk ke dayah Salafiah yang lain, seperti Mudi Mesra Samalanga dan Dayah Salafiah Ummul Ayman Samalanga. Memilih surah al-Waqi’ah ini karena ada keutamaan atau fadhilah-fadhilah membaca surah al-Waqi’ah salah satunya dapat dimudahkan oleh Allah SWT atas segala urusan, dan dapat mempermudah rezeki. Pandangan Masyarakat Dayah Madani al-Aziziyah ini sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut, jikalau ada yang membaca surah-surah yang lain, mungkin santri-santri ini mau membaca surah-surah tersebut. Intinya, dengan senang hati tanpa paksaan ananda-ananda tersebut dengan membaca surah al-Wāqi`ah dan juga tanpa bermalasan-malasan, semakin banyak mereka membaca, dan semakin banyak juga fahala mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ikhsan Maulana Ikhsan
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:09
Last Modified: 02 Aug 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22206

Actions (login required)

View Item
View Item