Penerapan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 24 Bireuen.

Rilis Afonna, 180209015 (2022) Penerapan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 24 Bireuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker] Text (Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker)
Rilis Afonna, 180209015, FTK, PGMI, 085284756991.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas V MIN 24 Bireuen, pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran Tematik berlangsung masih kurang bervariasi. Pembelajaran seringnya berpatokan pada buku saja tidak didampingi oleh media lainnya. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih didasarkan kepada buku dan masih sangat kurang menggunakan medianya .Pembelajaran selama ini menunjukkan bahwa siswa dalam kelas tersebut belum sepenuhnya memahami materi yang diajarkan oleh guru, dikarenakan mereka kurang bersemangat dan sibuk dengan temannya, kemudian siswa yang pintar selalu mendominasi kelas sehingga siswa yang pengetahuannya kurang cenderung pasif dan hasil belajar mereka rendah, sehingga kebanyakan siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM 70) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Dengan adanya penerapan media pembelajaran animasi berbasis animaker ini sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk belajar siswa mampu memahami materi yang akan disampaikan oleh guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak lagi sibuk sendiri, atau sibuk dengan temannya, melainkan akan fokus pada tayangan video pembelajaran animasi yang ditampilkan oleh guru di depan kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media pembelajaran animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar siswa. jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar test hasil belajar siswa. Data tersebut dihitung dengan menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh dari aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 84% masuk dalam kategori baik sekali dan pada siklus II yaitu 86,6% mengalami peningkatan dan dalam ketori baik sekali, sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 64% dalam ketegori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan 85,7% dan dalam kategori baik sekali. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari siklus 1 18,75% masuk dalam ketegori gagal dan meningkat pada siklus II menjadi 81,25%. Masuk ke dalam ketegori baik sekali. Berdasarkan paparan di atas dapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran animasi berbasis animaker dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN 24 Bireuen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rilis Afonna Rilis
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:49
Last Modified: 02 Aug 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item
View Item