Analisis Relevansi Kesarjanaan Wartawan Serambi Indonesia Terhadap Penulisan Berita

Nur Hamianti, 180401053 (2022) Analisis Relevansi Kesarjanaan Wartawan Serambi Indonesia Terhadap Penulisan Berita. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Relevansi Kesarjanaan Wartawan Serambi Indonesia Terhadap Penulisan Berita] Text (Analisis Relevansi Kesarjanaan Wartawan Serambi Indonesia Terhadap Penulisan Berita)
Nur Hamianti, 180401053, FDK, KPI, 082167105716.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Relevansi Kesarjanaan Wartawan Serambi Indonesia Terhadap Penulisan Berita” penelitian ini menjelaskan tentang banyaknya sekarang orang-orang yang bekerja pada sebuah perusahaan tidak sesuai latar belakang pendidikan kesarjanaan dengan penempatan kerja yang mereka geluti. Salah satunya terjadi di Serambi Indonesia, banyaknya sarjana-sarjana yang direkrut oleh Serambi Indonesia adalah kesarjanaan yang bukan dari Komunikasi dan penyiaran Islam. Padahal Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan bagian yang sangat dekat dengan kewartawanan. Oleh karena itu penulis meneliti penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini terkait bagaimana relevansi kesarjanaan wartawan Serambi Indonesia dalam menulis berita dan bagaimana indikator menjadi wartawan Serambi Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran hasil pengamatan yang didapat dari lapangan dan akan dijelaskan dengan kata-kata. Sementara itu, untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan jumlah responden 1 manajer multimedia, 1 redaktur pelaksana, 1 PSDM, dan 5 wartawan. Hasil menunjukan bahwa di Serambi Indonesia tidak terdapat relevansi kesarjanaan dengan berita yang wartawan tulis, hal ini disebabkan karena Serambi Indonesia merekrut dari berbagai kesarjanaan seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Kedokteran, Pertanian, Ekonomi, Pidana Perdata Islam, Ilmu Sosial dan Politik, dan ada juga dari kesarjanaan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sehingga dalam penulisan tidak diperlukan relevansi kesarjanaan. Oleh karena itu Serambi Indonesia menetapkan beberapa indikator dalam merekrut wartawan diantara S1 semua kesarjanaan dimaksudkan untuk memberikan pengukuran obyektif untuk menilai calon wartawan, maksud lainnya agar membatasi jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat. Disamping itu, menulis berita berdasarkan 5W+1H merupakan indikator yang penting dalam hal perekrutan agar pada saat wartawan menulis berita akan tersampaikan dengan jelas oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Hamianti
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:08
Last Modified: 03 Nov 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item
View Item