Pembelajaran Kitab Awamil dalam Upaya Menunjang Pendidikan Agama Islam di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Endang Shabaria, 160201192 (2022) Pembelajaran Kitab Awamil dalam Upaya Menunjang Pendidikan Agama Islam di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Kitab Awamil dalam Upaya Menunjang Pendidikan Agama Islam di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Krueng Barona Jaya Aceh Besar.] Text (Pembelajaran Kitab Awamil dalam Upaya Menunjang Pendidikan Agama Islam di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie Krueng Barona Jaya Aceh Besar.)
Endang Shabaria, 160201192, FTK, PAI, 082299167285.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran di Dayah tidak terlepas dari kitab-kitab Arab yang menjadi rujukan untuk dipelajari guna memahami pendidikan Agama Islam. Kelas tajizi merupakan kelas dasar yang harus ditempuh oleh santriwati untuk melanjutkan pembelajaran ke jenjang selanjutnya. Dalam proses pembelajarannya, santriwati menghadapi kesulitan dalam memahami kaidah-kaidah kitab awamil, padahal penting untuk santriwati memahami secara mendalam kitab awamil guna menunjang pemaham akan agama Islam secara kaffah. Penelitian ini dilakukan di Dayah Babul ‘Ulum Abu Lueng Ie al-Aziziyah, untuk melihat pembelajaran kitab awamil serta kendala yang di hadapi dalam pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran kitab awamil serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh ustadzah dan para santriwati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah proses pembelajaran kitab awamil di kelas tajizi menggunakan medote qiyasiyah dan metode istinbathiyah. Namun pembelajaran belum sepenuhnya berjalan baik, karena masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi saat pembelajaran berlangsung. Kendala yang dihadapi santriwati yaitu ustadzah memberikan metode materi yang berbeda.. Begitu pula kendala yang dihadapi ustadzah saat mengajar yaitu terbatasnya alat bantu papan tulis dalam pembelajaran, kemampuan santriwati yang berbeda dalam memahami materi.Juga tingkat kefokusan santriwati yang terkadang masih kurang dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Shabaria
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:02
Last Modified: 04 Aug 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item
View Item