Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Polresta Banda Aceh)

Zulfan Alfajri, 160104085 (2021) Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Polresta Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak Di Kota Banda Aceh (Suatu Kasus Pada Polresta Banda Aceh)] Text (Upaya Kepolisian Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak Di Kota Banda Aceh (Suatu Kasus Pada Polresta Banda Aceh))
Zulfan Alfajri, 160104085, FSH, HPI, 082216738701.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan mengenai pencabulan terhadap anak sering terjadi di kota Banda Aceh sehingga menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan naik terunnya kasus pencabulan dari tiga tahun terakhir di Banda Aceh. Oleh sebab itu, pemerintah melalui penegak hukum harus berperan penuh dalam menanggulangi peningkatan tindak pidana pencabulan terhadap anak di Kota Banda Aceh. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan pertanyaan penelitian dalam skripsi ini: pertama, Apa saja faktor terjadinya tindak pidana pencabulan terhadap anak di kota Banda Aceh, kedua, Bagaimana upaya dan hambatan Polresta Banda Aceh dalam menanggulangi tindak pidana pencabulan terhadap anak di kota Banda Aceh, ketiga, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya Kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana pencabulan terhadap Anak di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Polresta Banda Aceh dalam menanggulangi tindak pidana pencabulan terhadap anak di kota Banda Aceh yaitu melakukan penanggulangan dengan menciptakan nilai/norma yang baik dalam masyarakat, melakukan sosialisasi berupa penyuluhan tentang bahayanya kejahatan seksual kepada anak-anak di sekolah, baik itu tingkat SD, SMP, dan SMA yang bertujuan untuk mencegah pengulangan kasus pencabulan terhadap anak, membina kesadaran hukum masyarakat, menetapkan ‘uqubat bagi pelaku tindak pidana pencabulan terhadap anak. Menurut tinjauan hukum Islam, upaya yang dilakukan Polresta Banda Aceh dalam memberantas pencabulan sudah dilaksanakan sesuai dengan konsep syari’at Islam di Aceh. Penanggulangan yang dilakukan oleh Polresta sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perarturan perundang-undangan yang berlaku namun belum bisa di tanggulangi sepenuhnya karena beberapa faktor hambatan seperti korban anak enggan untuk bercerita kejadian sebenarnya dalam proses penyidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.542 Perkosaan dan Kekerasan Seksual
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Zulfan Alfajri
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:11
Last Modified: 04 Aug 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item
View Item