Penerapan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Murid Di Sekolah Madrsah Ibtidaiyyah Negeri 6 Banda Aceh

Nurul Hudani, 180202044 (2022) Penerapan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Murid Di Sekolah Madrsah Ibtidaiyyah Negeri 6 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Murid Di Sekolah Madrsah Ibtidaiyyah Negeri 6 Banda Aceh] Text (Penerapan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufrodat Murid Di Sekolah Madrsah Ibtidaiyyah Negeri 6 Banda Aceh)
Nurul Hudani, 180202044, FTK, PBA 082370031902 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Kota Banda Aceh peneliti menemukan bahwa kurangnya kemampuan murid dalam menguasai mufrodat, sedikitnya pengetahuan kosakata (mufrodat) murid pada setiap materi pembelajaran Bahasa Arab. Kemudian kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, pembelajaran yang terpaku pada Buku Paket. Juga sulitnya menggunakan kosakata Bahasa Arab karena perbedaan antara bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab baik dari hal pelafalan ataupun struktur. Dari permasalahan di atas Peneliti mencoba untuk Meningkatkan Kemampuan murid terhadap Penguasaan Mufrodat dengan menggunakan Metode Permainan Bingo dalam pengajaran Mufrodat. Peneliti melakukan penelitian Eksperimen dan mengumpulkan data penelitian dengan Pree-test dan Post-Test dan angket. Untuk analisis data peneliti menggunkan SPSS 26, dari hasil penelitian Penerapan Permainan Bingo Mampu Untuk Meningkatkan Kemampua Mufrodat terhadap murid. Hal ini berdasarkan hasil Uji T dengan tingkat Signifikasi (sig.) (0,000) > (0,05). Berdasarkan hasil nilai Uji T bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis a (Ha) diterima. Dan tanggapan murid atas penerapan permainan ini yang memilih sangat setuju dan setuju sebanyak 92% dan yang memilih tidak setuju sebanyak 8%.Serta hasil aktivitas penerapan pembelajaran dengan Bingo yang berkisar 81-100% yang berarti sangat baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Hudani
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:51
Last Modified: 05 Aug 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item
View Item