Fitoremediasi Tanah Tercemar Logam Berat Besi (Fe) Menggunakan Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas)

Lelis Handayani, 160702054 (2022) Fitoremediasi Tanah Tercemar Logam Berat Besi (Fe) Menggunakan Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Fitoremediasi Tanah Tercemar Logam Berat Besi (Fe) Menggunakan Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas)] Text (Fitoremediasi Tanah Tercemar Logam Berat Besi (Fe) Menggunakan Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas))
Lelis Handayani, 160702054, FST, TL, 085360157162.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi dalam pembangunan industri, pabrik- pabrik menghasilkan limbah yang cukup besar, dan bila tidak dikelola dengan baik akan memberikan efek negatif terhadap lingkungan seperti pencemaran tanah. Salah satu yang mencemari tanah adalah logam berat, sumber logam berat dapat berasal dari sumber alami seperti pelapukan batuan dan deposisi atmosfer. Sumber logam berat yang disebabkan oleh aktivitas manusia antara lain pertambangan, pertanian, peternakan, domestik, dan industri. Fitoremediasi tanah tercemar logam berat besi menggunakan tanaman merupakan salah satu metode yang ramah lingkungan dalam penyerapan logam di dalam tanah. Tanaman Jarak Pagar telah digunakan sebagai tanaman fitoremediasi berbagai jenis logam. Namun kajiannya untuk fitoremediasi besi belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tanaman Jarak Pagar dalam mengakumulasi logam besi kedalam biomassa tanaman serta untuk mengetahui pengaruh besi di dalam tanah terhadap pertumbuhan tanaman Jarak Pagar. Tanaman Jarak Pagar ditanam pada tanah yang sebelumnya ditambahkan larutan besi (Fe) sebagai pencemar dengan konsentrasi 5 ppm dan variasi waktu fitoremediasi 7,14,21 hari. Hasil penelitian menunjukkan tanaman Jarak Pagar dapat mengakumulasi logam besi pada bagian akar, batang dan daun . Akumulasi Fe tertinggi pada bagian akar adalah 0,2507 mg/g pada waktu fitoremediasi hari ke 21, akumulasi Fe tertinggi pada batang adalah 0.0598 mg/g dan akumulasi tertinggi pada daun adalah 0,0770 mg/g dengan waktu fitoremediasi hari ke 7. Distribusi logam berat Fe dari bagian akar ke daun dengan faktor Translokasi (TF) <1 sehingga tanaman Jarak Pagar termasuk ke dalam tanaman fitoremediasi dengan mekanisme penyerapan logam besi (Fe) yaitu Fitostabilisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Lelis Handayani
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:03
Last Modified: 08 Aug 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item
View Item