Kepuasan Masyarakat Terhadap Minat Beli Biji Kopi Arabika Di Kecamatan Silih Nara Aceh Tengah

Bunsu Raina, 180403002 (2022) Kepuasan Masyarakat Terhadap Minat Beli Biji Kopi Arabika Di Kecamatan Silih Nara Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kepuasan Masyarakat Terhadap Minat Beli Biji Kopi Arabika Di Kecamatan Silih Nara Aceh Tengah] Text (Kepuasan Masyarakat Terhadap Minat Beli Biji Kopi Arabika Di Kecamatan Silih Nara Aceh Tengah)
Bunsu Raina, 180403002, FDK, MD, 082277010829.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kepuasan Masyarakat Terhadap Minat Beli Biji Kopi Arabika di Kecamatan Silih Nara Aceh Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana kinerja Pedagang Pengumpul dalam memberikan pelayanan dan melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Pemilik kebun kopi, Petani Penggarap, dan Buruh Tani di Kecamatan Silih Nara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan 100 orang, dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel dari setiap Desa sebagai perwakilan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode Statistik, data di uji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji Service Quality (SERVQUAL), Perhitungan Kepuasan, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil Analisi menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara Minat Beli Pedagang Pengumpul terhadap kepuasan Masyarakat Petani Kopi Arabika sebesar 65,032. Hasil perhitungan peneliti di peroleh pada metode pertam nilai Analisa Service Quality terjadinya gap/kesenjangan antara penjual dengan pengumpul biji kopi pada 4 Dimensi dengan hasil Gap minus (-) maka dapat dilihat bahwa penjual/ petani kopi belum merasa paus terhadap pelayanan yang sudah di berikan. Yang kedua yaitu Tingkat Kualitas Layanan pada nilai masing-masing dimensi yang dihasilkan tingkat kualitas pelayanan pengumpul biji kopi belum bisa dikatakan baik/puas. Yang ketiga metode Importance Performance Analysis (IPA) hasil yang di dapat adalah kualitas pelayanan dinyatakan Puas. Dan yang metode terakhir adalah Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh 65.032, dengan demikian dapat dikatakan petani kopi masih belum merasa puas karena hasil dari persentase 65.032% dan berada pada interval C antara 52,02-68.00 pada interval CSI 2.61 -3.40 dengan kategori “Kurang Puas”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Bunsu Raina
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:59
Last Modified: 10 Aug 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22440

Actions (login required)

View Item
View Item